Tuesday 9 October 2018

Pengetahuan Tentang HIV/AIDS

Bicara tentang HIV/AIDS tentu sangatlah membuat sebagian orang merasa takut dan khawatir dibuatnya. Tetapi penyakit ini perlu untuk kita ketahui dan dalami agar wabah virus HIV/AIDS tidak menyerang kita atau keluarga yang kita sayangi. Untuk itu mari kita bahas secara benar agar tidak salah kaprah.


HIV/AIDS
Banyak orang yang mengira bahwa HIV itu adalah AIDS dan sebaliknya. Untuk mengetahui perbedaannya saya akan membahas satu persatu dikutip dari Kementrian Kesehatan RI.

HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Semakin banyak sel CD4 yang dihancurkan, kekebalan tubuh akan semakin lemah, sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

AIDS (aqquired immuno deficiency syndrome) adalah suatu kumpulan gejala penyakit yang diperoleh akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh infeksi HIV.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa HIV dan AIDS adalah dua hal yang berbeda namun sangat berkaitan satu sama lain. Orang yang terinfeksi HIV belum tentu mengidap AIDS, tetapi orang yang mengidap AIDS sudah pasti terinfeksi HIV.

Sampai saat ini belum ada obat untuk menanganai HIV dan AIDS, akan tetapi ada obat untuk memperlambat perkembangan penyakit tersebut dan dapat meningkatkan harapan hidup penderita. Jenis obat yang di maksud adalah ARV (antiretroviral). ARV bekerja dengan menghilangkan unsur yang dibutuhkan virus HIV untuk menggandakan diri dan mencegah virus HIV menghancurkan sel CD4.

Sejarah HIV/AIDS di Indonesia
Menurut Kebijakan AIDS Indonesia, berawal dari penemuan kasus virus ini pertama kali di Indonesia pada tahun 1987. Dalam kurun waktu 10 tahun sejak HIV/AIDS pertama kali ditemukan, pada akhir 1996 jumlah kasus HIV positif mencapai 381 dan 154 kasus AIDS. Kasus AIDS mendapat respon dari pemerintah setelah seorang pasien berkebangsaan Belanda meninggal dirumah sakit Sanglah Bali. Kasus ini dilanjutkan dengan pelaporan kasus ke WHO sehingga Indonesia adalah negara ke 13 di Asia yang melaporkan kasus AIDS ditahun 1987.

Sebenarnya di tahun 1985, sudah ada pasien rumah sakit di Islam Jakarta yang diduga menderita AIDS. Oleh karena kasus pertama kali ditemukan pada seorang homoseksual, ada dugaan bahwa pola penyebaran AIDS di Indonesia serupa dengan negara-negara lain. Dalam perkembangan berikutnya, gejala AIDS ini di temukan pada pasien-pasien yang memiliki latar belakang sebagai pekerja seks perempuan (WPS) serta pelanggannya.

Orang yang Rentan Terinveksi HIV.
-Pelaku sex bebas
Sex bebas merupakan kebiasaan yang tidak sehat yang meningkatkan resiko penyebaran HIV/AIDS. Oleh karena itu pastikan terhindar dari sex bebas.

-Petugas Kesehatan
Dokter, perawat, hingga petugas pembersih limbah fasilitas kesehatan juga berpotensi tertular HIV. Darah dari pasien yang positif dapat menularkan HIV kepada petugas kesehatan tersebut melalui luka terbuka. Misalnya pekerja yang memiliki luka terbuka kemudian mengambil darah pasien yang positif, maka bukan tidak mungkin jarum suntik atau benda tajam lainnya dapat menjadi perantara dan mentransfer.

-Pengguna Narkoba
Pengguna narkoba apapun jenisnya tetaplah menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Pengguna jarum suntik secara bersama-sama dapat meningkatkan resiko penyakit, salah satunya HIV.

-Sex Sesama Jenis
Hubungan sesama jenis adalah hubungan yang dilarang oleh agama. Karena tidak hanya itu, karena hubungan sesama jenis memiliki resiko terinfeksi virus ini.

-Orang yang Mendapat Transfusi Darah yang Terinveksi Virus HIV
Ketika transfusi darah pastikan kamu menerima darah yang sehat dan bebas dari virus penyakit salah satunya HIV.

-Ibu Rumah Tangga
Secara mengejutkan, saat ini tidak sedikit jumlah ibu rumah tangga yang mengidap penyakit ini. Hal ini bisa disebabkan dari sang suami yang tidak setia tau melakukan sex bebas pada lain wanita.

-Bayi
Ibu hamil yang mengidap penyakit HIV dapat menularkan virus tersebut kepada bayinya. Penularan ini dapat terjadi ketika bayi masih di dalam janin, ketika peroses kelahiran dan ketika menyusui.

1 comment:

  1. Baccarat in the Park | Willemstad, Pennsylvania
    Baccarat has been a popular card game for 샌즈카지노 centuries. It's choegocasino one of the most popular 바카라 사이트 versions of cards in American-style gambling since the 17th century.

    ReplyDelete