Thursday 1 November 2018

Kalimalang dan Sejarah Perkembangannya

Berbicara soal kota Bekasi tak lengkap rasanya jika tidak membahas aliran panjang yang membentang dari waduk Jatiluhur Purwakarta melewati Karawang dan Bekasi hingga Jakarta Timur. Kalimalang namanya.

Asal-usul Kalimalang
Kalimalang pada awalnya dibuat untuk memasok air PDAM untuk masyarakat sekitar dari waduk Jatiluhur karena pada saat itu daerah Bekasi hingga Jakarta mempunyai air yang tidak layak konsumsi jadi kesimpulannya bahwa kalimalang adalah bukan kali atau sungai alam melainkan kali buatan manusia.


Dikutip dari wikipedia, kalimalang bagian hulu dari kalimalang adalah salah satu percabangan bendungan curug, yang terletak di Desa Curug, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Bendungan curug ini terbagi dalam 2 saluran induk irigasi, yaitu Tarum Barat dan Tarum Timur, yang melintas Kabupaten Subang dan bermuara di sungai Cipunegara di perbatasan Subang dan Indramayu.

Nama asli kalimalang ialah Saluran Induk Irigasi Tarum Barat. Kenapa disebut dengan kalimalang? Rata-rata kali alam di Jawa Barat selalu mengalir dari selatan ke utara atau sebaliknya, karena pantai di Jawa Barat berada di utara dan selatan tetapi sungai kalimalang dari timur ke barat dan melintang diantara kali alam yang ada. Jadi kalimalang dibuat posisinya di atas sungai alam yang mengalir dari selatan ke utara, untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari daerah Cipinang Melayu posisi kalimalang berada di atas kali sunter dengan posisi menyilang, sunter kearah utara sedangkan kalimalang kearah barat.

Kalimalang selalu mengalir dan mensuplai air dari waduk jatiluhur tidak pernah kekeringan walau musim kemarau panjamg, uniknya lagi setiap merayakan hari kemerdekaan negara kita kalimalang menjadi tempat diadakannya lomba-lomba 17 Agustusan.

Sejarah
Menurut budayawan Bekasi, Andi Sopandi yang dikutip dari detiktravel awalnya kalimalang dibuat pada tahun 1960-an secara manual dan bersama-sama, idenya sudah ada dari zaman Soekarno. Menariknya lagi ternyata sungai kalimalang mempunyai hubungan dengan kisah kerajaan Nusantara di Pulau Jawa, sejarah peradaban tertua Jawa terkait kerajaan Taruma Negara di temukan di Bekasi.

Pertumbuhan
Dulu kalimalang sangatlah sepi terbilang menyeramkan pada malam hari, masih sedikit orang yang melewati jalan ini namun setelah pembangunan jalan beraspal sekitar tahun 1990-an, lambat laun kalimalang mulai ramai dari bangunan-bangunan pertokoan hingga perkantoran.

Kini kalimalang lebih tepatnya daerah Bekasi akan dibangun wisata bernuansa alam yang digagas oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat. Proyek ini sedang berlangsung. Tentu masyarakat sekitar menyambut gembira dengan adanya pembangunan ini.

Kesimpulan
Kalimalang adalah aliran air yang digunakan unruk memasok PDAM ada baiknya kita menjaga kebersihan serta keindahan kalimalang agar tetap lestari hingga cucu buyut kita nanti.

3 comments: